Selain buahnya, Daun Mengkudu juga banyak mempunyai khasiat untuk pengobatan maupun untuk kesehatan dan kecantikan.   Daun mengkudu dapat dimakan sebagai sayuran. Nilai gizi tinggi karena banyak mengandung vitamin A dan daun mengkudu dipercaya bisa menyembuhkan ambein alias wasir bila kita rajin mengkonsumsinya.


1. Pelangsing Tubuh
Bahan:
Segenggam penuh daun mengkudu
Segenggam penuh daun kemuning jawa
Temu giring 1/2 jari kelingking
Jeruk nipis 1/2 butir
Cara membuat:
  1. Tumbuk semua bahan tersebut menjadi satu sampai halus.
  2. Bahan yang telah ditumbuk tersebut kemudian diberi air matang satu gelas (200 cc), aduk sampai rata.
  3. Peras dengan kain untuk memisahkan air dengan ampasnya
  4. Minumlah ramuan tersebut setiap pagi sebelum makan. Apabila Anda kurang suka dengan rasa sepatnya boleh ditambahkan sedikit madu.
2. Obat Jerawat Batu
  1. Ambil daun mengkudu yang berada di bagian pucuknya saja.
  2. Tumbuk pucuk daun tadi hingga halus.
  3. Tambahkan garam serta minyak zaitun kedalam tumbukan daun yang sudah halus.
  4. Aduk hingga rata bahan-bahan tadi.
  5. Setelah selesai membuat ramuannya, pencet jerawat dan keluarkan nanah putih dengan hati hati. Pastikan anda menggunakan ujung jari bukan menggunakan kuku karena malah dapat melukai kulit anda.
  6. Setelah proses pencet jerawat selesai, cuci muka dengan air hangat dan keringkan dengan lap dengan permukaan yang halus.
  7. Urapkan atau usapkan ramuan tadi ke jerawat yang sudah kita keluarkan nanahnya.
  8. Biarkan 5 menit supaya ramuan tadi di serap dengan baik oleh kulit kita.
  9. Langkah terakhir adalah bilas sampai bersih muka anda yang tadi diluluri oleh ramuan daun mengkudu untuk mengatasi jerawat batu.
3. Perut Kembung Pada Bayi
Bahan: 
1 lembar daun pace (mengkudu)

Cara Meramu:
Cuci bersih daun mengkudu, angin-anginkan sebentar.Setelah kering dari air, olesi permukaan daun mengkudu dengan minyak kelapa kemudian panaskan daun mengkudu diatas api sampai agak layu dan di gulung dikucek sebentar di telapak tangan.
Cara Pemakaian.
Tempelkan daun pace di perut bayi, bisa memakai 1 atau 2 daun pace tergantung besar kecilnya ukuran daun pace.Supaya posisi daun pace tidak bergeser, bayi pakai gurita atau kalau pakai kaos dalam maka ujung kaos dalamnya dimasukan ke dalam celana.
Lakukan secara teratur 2-3 kali sehari.Obat perut kembung tradisional ini bisa diberikan pada bayi umur 5 minggu sampai umur 2 tahun.

Catatan:
Biasanya setelah pemakaian daun mengkudu 2-3 kali, bayi akan sering buang angin.Jika sudah begitu si bayi minum ASInya jadi normal, BAB-ya kembali normal dan keceriaan serta kelucuannya datang kembali.

0 komentar