Tanaman Talok atau Kersen yang nama ilmiahnya Muntingia calabura banyak tumbuh liar di sekitar kita, buahnya yang manis dan bulat sering dipanjat anak-anak dan mungkin masa kecil kita diwarnai dengan canda tawa saat memanjat pohon kersen.  Kersen atau Talok punya banyak manfaat obat yang sudah lama dikenal oleh nenek moyang kita.  Tanaman Kersen atau talok sangat cocok sebagai tanaman perintis atau pionir untuk daerah tandus. Tanaman yang berasal dari amerika tropis ini biasa juga disebut buah cherry. Buahnya yang manis dan kaya gizi ini sangat disukai burung pemakan buah.  Jika ada pohon kersen di pekarangan anda pasti banyak burung yang berkunjung.

Rebusan daun kersen memiliki khasiat anti radang dan menurunkan panas dan berkhasiat sebagai pembunuh mikroba berbahaya dan dapat digunakan sebagai anti septik.Senyawa tanin, flavonoids dan saponin pada daun kersen ini bermanfaat sebagai zat antiseptik.
Kandungan senyawa flavonoid daun kersen ternyata dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Daun kersen ini bisa disajikan dalam bentuk teh, yaitu dengan cara menjemur daun hingga kering kemudian diseduh dengan air panas dalam gelas. 
Kandungan gizi buah kersen tidak kalah dengan buah yang lain misalnya mangga. Kandungan vitamin C buah mangga 30 mg, sedangkan pada buah kersen 80,5 mg, selain itu kandungan kalsium pada buah kersen 124,6 mg, jauh lebih banyak dari buah mangga yang hanya 15 mg.

Obat Nyeri Asam Urat 
Cara : makan buah kersen sebanyak 9 butir 3 kali sehari. Niscaya rasa nyeri Asam urat akan berkurang drastis. 

0 komentar