Mungkin anda belum banyak tahu tanaman Bintaro.  Padahal Bintaro yang memiliki nama latin Cerbera manghas banyak juga ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman peneduh di pinggir jalan.  Bintaro aslinya adalah tumbuhan pantai dan termasuk mangrove ikutan. Di alam, pohon bintaro dapat mencapai 12 meter tingginya. Bintaro termasuk dalam suku Apocynaceae yakni berkerabat dengan kamboja, cirinya jika dilukai pasti banyak mengeluarkan getah susu. 




Nama lainnya adalah Pong-pong tree atau Indian suicide tree termasuk tumbuhan berbahaya karena mengandung racun.  Buahnya sering juga disebut Cerbera karena bijinya dan semua bagian pohonnya mengandung racun yang disebut “cerberin” yaitu racun yang dapat menghambat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia, sehingga dapat mengganggu detak jantung dan dapat menyebabkan kematian. Bahkan asap dari pembakaran kayunya pun juga dapat menyebabkan keracunan.  Pohon Bintaro dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia, seperti sebagai pengusir tikus , bahan baku lilin, bio-insektisida, obat luka, deodorant, dan berpotensi sebagai biodiesel.
Pada jaman dulu getah bintaro sudah dimanfaatkan sebagai racun panah untuk berburu.
Buah Bintaro terbukti ampuh mengusir tikus di rumah kita. Dijamin tak ada satu tikuspun berani mendekat.
Caranya ambil buah bintaro langsung ditaruh di dalam rumah kita.  Setelah dipetik cukup ditaruh di lantai saja. Selama buah itu masih segar belum layu, maka tidak ada satupun tikus yang berani datang ke rumah kita. Tapi ingat sebaiknya ditaruh di tempat yang tidak dijangkau anak kecil. karena buahnya mengandung racun jika termakan. Tikus takut karena aroma racun yang dikeluarkan oleh bintaro ini sehingga tikus akan menjauh.
Jika dilihat dari kemampuannya, pohon bintaro sangat berguna jika ditanam di pinggir sawah supaya petani tidak rugi karena hama tikus menyerang. 

0 komentar