Kolesom atau juga dikenal dengan som jawa, telah lama dikenal sebagai obat alami. Contohnya yang paling umum diperdagangkan adalah anggur kolesom cap itu.   Meski disebut dengan som jawa namun sebenarnya tanaman ini bukan dari jawa tapi dari Benua Amerika Tropis.  Karena akarnya yang mirip dengan ginseng korea maka kolesom sering juga disebut dengan ginseng jawa.   Nama ilmiah dari kolseom adalah Talinum paniculatum.  Ginseng jawa seperti juga ginseng korea, dikenal berkhasiat untuk mengatasi gangguan gairah pada pria (afrodisiak) dan menambah stamina. Tidak seperti ginseng korea yang butuh waktu bertahun-tahun untuk bisa dipanen akarnya, ginseng jawa ini dalam beberapa bulan sudah bisa dipanen akarnya yang berkhasiat.

Dari hasil penelitian, Kolesom atau ginseng jawa dapat  menambah kebugaran ,menaikan jumlah dan motilitas spermatozoa, menaikan kadar testosteron dan menambah kualitas lapisan spermatogenesis.  Ginseng jawa juga mengandung senyawa turunan saponin, alkaloid, tannin, dan senyawa-senyawa lain yang secara fisiologis dapat melancarkan sirkulasi atau peredaran darah pada system saraf pusat atau sirkulasi darah tepi.
Menurut ilmu pengobatan China, sifat alamiah gingseng adalah, manis dan agak dingin, baik untuk organ organ penting.  Sifat alamiah dan kandungan kimiawi dari obat tradisional Tiongkok adalah Satu kesatuan. Sifat alamiah adalah hal yang pokok pengobatan tradisional Tiongkok berhubungan dengan sifat alami Yin (dingin, sejuk)  dan Yang (hangat, panas).  Setiap rasa kemudian diklasifikasikan berdasarkan alam dan fungsionalnya. Contohnya, rasa manis dapat melenyapkan darah kotor, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan energi vital.  Nah kalau dari sisi pengobatan modern hanya dipandang dari satu sisi saja yaitu kandungan kimawinya saja. Menurut penulis pada dasarnya ilmu pengobatan tradisional herbal china ini lebih komplit alias lebih Holistik deh.


CONTOH PEMAKAIAN GINSENG JAWA /KOLESOM

Kurang gairah dan menambah stamina

Akar som jawa sebanyak 50 g diiris tipis-tipis. Seduh dengan 3/4 cangkir air panas:Tambahkan sedikit brem, minum selagi hangat.

Memperbanyak ASI  dan mengatasi kurang nafsu makan
Daun som jawa segar secukupnya ditumis, lalu dimakan sebagai sayuran.

Bisul
Daun som jawa segar dicuci. Tambahkan gula merah secukupnya lalu digiling halus. Tempelkan pada bisul, lalu dibalut.

Penting!!!!
Akar segar sebelum dipakai untuk pengobatan atau dikeringkan untuk penyimpanan, harus dikukus terlebih dahulu. Pemakaian akar segar secara langsung bisa menyebabkan diare.

0 komentar