Saat kita camping atau berkegiatan di alam bebas di daerah pegunungan yang berhawa sejuk, tak jarang kita mengalami luka atau malah digigit binatang berbisa macam ular.  Sebagai pertolongan darurat kita bisa memanfaatkan tumbuhan di sekitar kita untuk pertolongan pertama sebelum dibawa ke puskesma terdekat.  Contohnya dengan memanfaatkan lumut hati yang banyak tumbuh di daerah pegunungan. Salah satu jenis lumut hati yang mudah dijumpai adalah Marchantia polymorphaTumbuhan lumut yang ada di indonesia ada 1500 species. Sebagai tumbuhan tingkat rendah, lumut memiliki fungsi yang tidak kalah penting dibanding tumbuhan lain.  Nah bagaimana bentuk dan modelnya jenis lumut hati ini dapat dilihat di gambar dibawah ini supaya anda bisa kenal lebih dekat.


Divisio : Marchantiophyta
Classis : Marchantiopsida
Ordo : Marchantiales
Familia : Marchantiaceae
Genus : Marchantia
Spesies : Marchantia polymorpha

Deskripsi :
Talus seperti pita. Mempunnyai rusuk tengah yang tidak begitu jelas. Pada sisi bawah talus terdapat selapis sel seperti sisik-sisik perut. Rizhoid-rizhoid bersifat fototrof negatif. Dibawah tiap petak talus terdapat suatu ruang udara. Ruang udara berfungsi sebagai penghubung dengan udara luar Ruang udara berbentuk seperti tong.  Dinding yang lebih tinggi dari permukaan talus untuk mencegah masuknya air Dinding ruang terdiri dari 4 cincin,masing-masing cincin terdiri dari 4 sel Marchantiales berumah 2. Gametanium jantan menyerupai tangkai dengan cakram bertoreh Gametanium betina berbentuk menyerupai bintang.

Contoh Pemanfaatan Lumut Hati Untuk Pengobatan:
Obat Luka dan menghilangkan racun akibat gigitan ular 
Caranya dengan cara meremas herba lumut hati hingga keluar airnya lalu bubuhkan lumut yang sudah diperas tadi di atas luka, kemudian balut.

Obat Hepatitis c

Di dunia herbal dikenal bahwa khasiat tanaman bisa dilihat dari bentuk tanamannya.  Lumut hati ini sekilas memang mirip dengan hati, sehingga juga berkhasiat untuk hati.  Untuk mengobati liver hepatiti c, caranya sebagai berikut:
Ambil sekitar 10 gram lumut hati kemudian cuci hingga bersih, tiriskan di bawah sinar matahari selama sekitar 10 menit, setelah itu  rebus dengan menggunakan air bersih sebanyak 500 cc, sampai air rebusan  susut setengah nya. sebaiknya direbus dengan belangan tanah liat.  Biarkan dingin lalu minum setelah makan dan rasakan khasiatnya.Minum 3 kali sehari.

0 komentar