Manfaat Temu Kunci Untuk Melawan Kanker
Nama Ilmiah : Boesenbergia rotunda (L.) Mansf. syn. ; Curcuma rotunda L.;  Boesenbergia pandurata (Roxb.) Schlechter, Kaempferia pandurata Roxb.
Temu Kunci biasa dipakai ibu-ibu memasak di dapur,  rimpangnya dipakai sebagai bumbu dalam berbagai masakan Asia Tenggara, misalnya sayur bening.   Bentuk rimpang temu kunci lain dengan temu-temuan yang lain karena tumbuhnya yang ke bawah bukan ke samping.  Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000m.



Deskripsi Tanaman
Terna hingga 50 cm. Rimpang kuning terang, bulat telur memanjang, sangat beraroma; akar kuat. Daun 3 atau 4; pelepahnya berwarna merah, ligula dengan 2-lekukan, ca. 5 mm; tangkai daun 7–16 cm, membentuk saluran; helai daun hijau pada kedua permukaan elips meruncing, 25–50 × 7–12 cm, licin dengan sedikit daun di dekat tulang utama daun bagian bawah, dasarnya membulat. Bunga majemuk terminal pada batang semu, muncul dari bagian dalam pelepah, agak duduk, 3–7 cm; seludang bunga meruncing, 4–5 cm. Bunganya wangi. Kelopak bunga 1,5-2cm, ujungnya membelah. Mahkota bunga tersusun membentuk tabung 4,5–5,5 cm; bercuping memanjang, 1,5–2 cm. Staminodia lateral merah muda pucat, ca. 1,5 cm. Labellum putih atau merah muda dengan setrip ungu, 2,5–3,5 cm, cekung. Tangkai sari pendek; bercabang dua, 1–3 mm.

ZAT ANTI KANKER
Temu Kunci ampuh sebagai obat antikanker. Zat pinostrobin dalam temukunci ampuh melawan sel kanker. Pinostrobin bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker.   Diyakini pinostrobin sebagai zat antikanker dalam temu kunci ampuh merusak sel kanker sekaligus mendorong proses bunuh diri sel kanker tersebut. Dalam istilah kedokteran, cara kerja itu disebut apoptosis. Walhasil sel kanker yang bandel dan susah mati akhirnya hilang.  Pinostrobin merupakan senyawa antioksidan. Perannya menangkal zat radikal bebas (molekul, atom, atau grup atom yang tidak berpasangan) penyebab kanker. Radikal bebas sangat berbahaya jika jumlahnya lebih banyak ketimbang senyawa antioksidan dalam tubuh. Dalam kondisi seperti itu radikal bebas yang bersifat elektrofil menyerang tubuh dan merusak DNA, sehingga kanker mudah menyerang. 
Catatan penting!!!! gunakan rimpang temukunci yang berumur maksimal 9 bulan. Jika masa panen terlewat hingga 4 bulan-rimpang tetap dalam tanah-menyebabkan zat berkhasiat hilang.
 
Cara Pemakaian Temu Kunci Untuk Melawan Kanker
1.Ambil rimpang temu kunci dan cuci hingga bersih, 
2. iris rimpang Temu Kunci tipis-tipis, 
3. rebus dalam 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa segelas.
4. Minum secara rutin untuk mencegah atau mengatasi serangan kanker.

  

0 komentar