Saat masih kecil dulu saya sering sekali mencari buah pletekan, namanya juga anak kampung mencari mainan tidak harus mahal cukup dicari di sekitar aja yang penting bisa membawa kegembiraan.  Nama Pletekan ini didapat dari buah kering jika di kasih air langsung meledak dan mengeluarkan bunyi "pletek" dan bijinya langsung berhamburan kemana-mana.  Pletekan adalah tanaman liar yang biasa tumbuh di pinggir got atau pinggir sawah, mungkin anda sering melihatnya namun tidak pernah memperhatikan tanaman pletekan ini.
Pletekan ini sangat ampuh untuk mengobati penyakit kencing manis atau diabetes yang banyak diderita oleh masyarakat kita.
Klasifikasi Tanaman Pletekan
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Scrophulariales
Famili: Acanthaceae
Genus: Ruellia
Spesies: Ruellia tuberosa L.
Nama Lokal : Ptetekan, Pletikan, Ceplesan dll.

Daun Pletekan Sembuhkan Luka Borok Kencing Manis Basah
Jika anda terkena kencing manis basah, jika ada luka pastinya susah sembuh dan bisa meninggalkan borok mirip lubang di tubuh.  Untuk Mengobati luka borok kencing manis basah caranya  Ambil daun Pletekan secukupnya tumbuh halus, kemudian tempelkan pada bagian yang luka, Insya Allah tidak terlalu lama luka kencing manis basah ini akan segera kering dan sembuh.  

Obat Diabetes dan Kencing Batu
Untuk obat Diabetes dan kencing batu dipakai sebanyak kurang lebih 15 gram daun Pletekan segar, kemudian dicuci sampai bersih.  Rebus daun pletekan tadi dengan 2 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum sekaligus.

Konsumsi Ramuan Daun Pletekan Bisa Berbahaya 
Dari riset terhadap mencit, Daun pletekan yang berbunga ungu mirip bunga terong ini mengandung senyawa yang berkhasiat menurunkan gula darah. Namun, jangan terlalu sering minum ramuan daun Pletekan ini,  karena berdasar penelitian pada mencit yang diuji, Daun pletekan  mengandung unsur senyawa jenis senobiotik yang berbahaya bagi fungsi hati dan ginjal.  Jadi sebaiknya untuk pemakaian luar saja.

0 komentar