Buah berbentuk bintang ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Biasa juga ditanam di pekarangan rumah.  Belimbing manis selain enak rasanya dan menyegarkan, ternyata memiliki beraneka khasiat dan manfaat untuk obat alami. Tanaman buah dengan nama ilmiah Averrhoa carambola, pohonnya dapat tumbuh sampai 10 meter tingginya kalau dibiarkan.  Di perkotaan, banyak orang menanm buah belimbing sebagai tabulampot alias tanaman buah dalam pot.
Manfaat Belimbing manis diantaranya berkhasiat untuk  mengatasi radang, menurunkan kolesterol, batuk, radang tenggorokan, sariawan, gusi berdarah, jerawat, gigi berlubang, darah tinggi dan demam serta mengurangi dampak negatif diabetes. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi juga dipercaya sebagai obat kanker. 

Kandungan Gizi
Buah belimbing mempunyai kandungan gizi cukup tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 100 gram buah belimbing yang matang mengandung :
* Energi : 35 kal
* Protein : 50 gram
* Lemak : 70 gram
* Karbohidrat : 7,70 gram
* Kalsium : 8 mg
* Serat : 0,90 gram
* Vitamin A : 18 RE
* Vitamin C : 33 Mg
* Niacin : 0,40 gram

Di brasil, belimbing manis digunakan untuk  meredakan masalah ginjal dan kandung kemih dan untuk mengobati eksim. Buah ini memiliki sifat antimicrobial dan efektif dalam memerangi Bakteri E. coli dan beberapa bakteri lainnya. Rebusan daun dan buah dapat menghentikan muntah, dan daun segar ditempatkan dan disimpan di kuil dikabarkan singkirkanlah sakit kepala.
Daun dan tunas muda yang ditumbuk bisa untuk meringankan rasa gatal dari cacar air dan untuk menyingkirkan kurap.  Bunga juga baik untuk mengusir cacing dari usus, dan bubuk dari biji memiliki khasiat obat penenang ketika diberikan kepada penderita asma dan kolik. Bubuk akar dari pohon ketika dicampur dengan gula yang diberikan sebagai penawar racun.

0 komentar