Tanaman benalu bagi para petani adalah hama yang merugikan karena tanaman parasit ini dapat membunuh pohon inangnya. Jenis tanaman benalu juga banyak ragamnya, tergantung dari jenis pohon inangnya juga, contohnya Benalu mangga Dendrophthoe pentandra dan benalu nangka Macrosolen cochinchinensis dan benalu teh Scurrula oortina.  Ada dua kelompok besar benalu, yakni dari keluarga Loranthaceae dan Viscaceae. Famili Loranthaceae punya 23 marga (dengan 200 jenis tanaman), di antaranya marga Dendrophthoe (21 jenis) dan marga Scurrula (8 jenis). Sedangkan Viscaceae punya empat marga (26 jenis).

Salah satu benalu yang mudah dijumpai adalah benalu mangga yang nama ilmiahnya Dendrophthoe pentandra yang  termasuk dalam family Loranthaceae.  Benalu mangga sudah lama digunakan untuk obat berbagai penyakit. di negara-negara indocina rebusan daun benalu mangga diramu dengan teh digunakan untuk menyembuhkan flu. 
Dari berbagai hasil penelitian, benalu mangga mengandung senyawa yang berperan sebagai zat antioksidan sehingga.dapat mencegah penyakit tumor maupun penyakit kanker. Senyawa tersebut adalah flavonoid, yaitu kuersetin yang bersifat inhibitor terhadap enzim DNA topoisomerase sel kanker.  Benalu mangga mengandung flavonoid kuersetin, meso-inositol, rutin, dan tanin.

manfaat obat benalu manggaRamuan benalu sebaiknya ditempatkan, direbus, atau diolah di dalam wadah yang terbuat dari tanah liat. Penggunaan tanah liat itu dimaksudkan untuk menetralkan racun yang ada pada benalu. Dengan kata lain, pemanfaatan tumbuhan benalu memang tidak sembarangan, dan tidak semudah seperti memanfaatkan herbal-herbal penyembuh lainnya. Ramuan benalu juga bisa diseduh beberapa kali (minimal dua kali), karena khasiat benalu tak mudah hilang hanya dengan sekali seduh.
Untuk penggunaan serbuk benalu disarankan, dosis seduhan itu antara 5 - 10 g saja. Jangan sampai melebihi 10 g.


Ramuan Herbal Benalu Mangga
Gangguan nyeri pinggang, atau kencing tak lancar atau gangguan kelenjar Prostat.
Cara: ambil 9 lembar benalu mangga. Rebus dalam 2 liter air sampai tersisa 1 liter. Dinginkan lalu minum 3x sehari 1/2 gelas belimbing. Perbanyak minum air bening (aqua).

1 komentar
  1. Herbal Tea 27 Juni 2012 11.38  

    Good information here. Thanks for sharing. I have used a couple of soy protein powders and quite liked them.