Daun Kelor selama ini mungkin masih belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh masyrakat kita.  Jarang sekali orang mau menggunakan daun kelor sebagai bahan makanan, kecuali di beberapa daerah di Indonesia seperti daerah Palu yang menggunakan kelaor sebagai makanan khas.
Pemanfaatan daun kelor untuk herbal kini terbukti kian meluas di berbagai daerah. Contohnya Muslihuddin dan Gatot Santosa yang telah membuka kebun kelor 1 ha di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Agustus 2009.  Kelor di kebun budidaya ini tingginya tak lebih dari 75 cm karena pekebun kerap memanen kelor seperti teh. Dari kebun itulah mereka mengekstrak daun kelor. Produksinya baru 200 botol – masing-masing 30 kapsul – per bulan.
Dengan penelitian ilmiah, terungkap bahwa daun ini ternyata mengandung berbagai unsur nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk memulihkan dan menjaga kesehatan. Variasi dan kadar kandungan nutrisi daun kelor berada di atas rata-rata dan di luar batas-batas kewajaran. Dari sisi botani dan morfologi tumbuhan, daun kelor ini cukup unik karena merupakan daun majemuk bertingkat tiga. Artinya satu anak daun kelor duduk pada tangkai ke tiga dari  tangkai daun majemuknya. Fenomena aneh ini diakui di dunia barat sekalipun karena memang dasarnya adalah penelitian ilmiah. Tidak heran banyak media massa internasional mempopulerkan pohon kelor sebagai “miracle tree” alias pohon ajaib, bahkan ada yang menyebutnya sebagai “tree for life” alias pohon kehidupan. 

manfaat daun kelor
Kelor

Kandungan Vitamin dan Obat Daun Kelor
Keunggulan daun kelor terletak pada kandungan nutrisinya yang luar biasa, terutama golongan mineral dan vitamin. Setiap 100 g daun kelor mengandung 3390 SI vitamin A.  Dua kali lebih tinggi dari bayam dan tigapuluh kali lebih tinggi dari buncis. Daun kelor juga tinggi kalsium, sekitar 440 mg/100 g, serta fosfor 70 mg/100 g. Jika selama ini jika kita bicara tentang sumber Vitamin A, yang terbayang adalah wortel, jika dengan berat yang sama, maka  Vitamin A pada daun kelor jauh lebih tinggi dibanding wortel.
Beberapa senyawa aktif dalam daun daun kelor adalah arginin, valin, leusin, dan metionin.
Tubuh kita secara alami memang memproduksi arginin, tetapi sangat terbatas. Oleh karena itu perlu asupan dari luar seperti daun kelor. Kandungan arginin pada daun kelor segar mencapai 406,6 mg; sedangkan pada daun kering 1.325 mg.  Arginin meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Di samping itu, arginin juga mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan kemampuan untuk melawan kanker, dan memperlambat pertumbuhan tumor.
Tubuh juga memerlukan leusin karena tak mampu memproduksi sendiri. Daun kelor segar mengandung 492 mg leusin berperan dalam pembentukan protein otot dan fungsi sel normal.
Sedangkan metionin yang kadarnya mencapai 117 mg pada daun segar dan 350 mg pada daun kering mampu menyerap lemak dan kolesterol. Metionin menjadi kunci kesehatan hati yang banyak berhubungan dengan lemak. Kekurangan metionin menyebabkan beragam penyakit seperti rematik kronis, sirosis, dan gangguan ginjal.
Kadar valin dalam daun segar 374 mg atau 1.063 mg (kering) berfungsi dalam sistem saraf dan pencernaan. Perannya antara lain membantu gangguan saraf otot, gangguan mental, emosional, dan insomnia.

Daun kelor juga mengandung pterigospermin yang bersifat merangsang kulit sehingga sering digunakan sebagai obat luar yang menghangatkan dan mengobati kelemahan anggota tubuh seperti tangan atau kaki. Jika daun segarnya dilumatkan, lalu dibalurkan ke bagian tubuh yang lemah, maka bisa mengurangi rasa nyeri karena bersifat analgesik.

Ampuh Untuk Kolesterol, Hepatitis, Jantung,
Beberapa orang yang mengalami tekanan darah tinggi dan kolesterol pada saat cek up tahunan juga menyatakan bahwa tekanan darah dan kolesterolnya normal kembali setelah mengonsumsi ekstrak daun lelor dalam bentuk kapsul.
Kelor juga mujarab mengatasi beragam penyakit lain seperti hepatitis, hiperlipidemia alias kolesterol tinggi, dan jantung.
Kandungan metionin dalam daun kelor memperbaiki fungsi hati yang berhubungan dengan pencernaan dan detoksifikasi. Selain itu kelor juga kaya antioksidan untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Ketika kondisitubuh sehat ibarat benteng yang kokoh, sehingga mampu melawan serangan penyakit.

Cukup Rebus
Saran herbalis bila kita hendak mengonsumsi kelor sebagai terapi pengobatan adalah sebaiknya rebus daun kelor bersama air mendidih hingga 15 menit. Cara itu praktis sehingga mudah dilakukan pasien. Soal khasiat, tetap terjaga. Yang perlu diperhatikan saat merebus daun kelor adalah pemakaian wadah. Sebaiknya gunakan wadah berbahan tanah liat atau kaca tahan panas. Kedua wadah tidak bereaksi dengan herbal saat perebusan. Agar lebih praktis beberapa herbalis memproduksi daun kelor dalam bentuk serbuk kasar dalam kemasan serupa teh celup. Pengolahan lain berupa bubuk hasil ekstraksi yang dikemas dalam kapsul. Sayangnya teknologi ekstraksi rumit dan mahal.

Beberapa penyakit lain yang dapat diobati dengan Tanaman Kelor:
1. Kurap (herpes) dan luka bernanah
Tumbuklah daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.
2. Kurang nafsu makan, epilepsi, histeri, sariawan, sulit buang air kecil, badan lemah, sakit kuning, rematik serta pegal linu.
Rebus akar daun kelor sebanyak 1 jari dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, lalu saring. Minum air rebusan dua kali sehari masing-masing ½ gelas.
3. Beri-beri dan udim
Giling akar daun kelor, akar pepaya, dan kulit lawang atau cengkih masing-masing 1 jari. Tambahkan air, peras, dan saring. Bagi air saringan menjadi 2 bagian yang sama. Minum air hasil saringan sebanyak 2 kali sehari.
4. Biduran dan alergi
Rebus 3 tangkai daun kelor, 1 siung bawang merah, serta adas dan pulasari secukupnya dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring lalu minm air rebusan dua kali sehari masing-masing satu gelas.

3 komentar
  1. Obat Mata Herbal 1 Juli 2013 15.10  

    thanks ya informasinya

  2. Anonim 21 Agustus 2013 16.59  

    bisa kirimkan ke saya di pekanbaru, tanaman kelor ? alamat email saya kama_gamma@yahoo.com

  3. Madu Kelor 13 September 2013 18.41  

    Saat ini zaman sudah praktis dan instan, cara pengolahan daun kelor tidak perlu ribet lagi.
    Kami menyediakan kapsul daun kelor ekstrak - teh daun kelor dan madu + ekstrak daun kelor.
    Silahkan hubungi kami jika anda berminat klik www.MaduKelor. com

    Terimakasih admin