Kunci pepet atau kunir putih sering disebut “ kunyit putih” atau “curcuma alba”, sebutan nama latin yang salah. Karena daunnya bercorak indah dan tumbuhnya tidak tinggi maka daunnya bercorak indah dan tumbuhnya tidak tinggi maka sosoknya menyerupai tanaman hias sehingga sering ditanam di pekarangan atau di dalam pot. Kunci pepet juga bisa ditemukan tumbuh liar di beberapa tempat di bagian timur Jawa sampai ketinggian kurang dari 750 m dpl. Selain digunakan sebagai campuran jamu tradisional, kunsi pepet juga sering digunakan untuk kosmetik tradisional. Ada dua fase tumbuh kunci pepet. Yang pertama disebut fase vegetative, yaitu pertumbuhan normal seperti biasa dengan daun dan batang semu, yang kedua fase genetatif. Pada fase ini yang terlihat hanya bunga-bunganya saja. Tanaman ini terdapat pada dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 750 m dpl. Banyak ditemukan di Sumatera dan Jawa. Selain itu, juga ditemukan di India, Srilangka, dan Malaysia.

Terna tahunan dengan tinggi 30-70 cm ini tumbuh merumpun dengan batang semu yang tumbuh dari rimpangnya. Daun tunggal, helaian daun berbentuk lanset, panjang 20-30 cm, lebar 7,5-10 cm, ujung runcing, pangkal berpelepah, tepi rata, warnanya hijau muda dengan bagian tengah bercorak warna cokelat. Bunga keluar dari rimpang dengan batang semu yang amat pendek. Bunga bisa tumbuh menggerombol, sering mekar beberapa kuntuk sekaligus, warnanya ungu muda kemerahan. Akarnya berdaging membentuk rimpang yang tidak terlalu besar, yaitu seukuran telur puyuh. Dari rimpang induk keluar akar-akar kasar yang ujungnya terdapat anakan rimpang yang berair dan tampak tumbuh menggerombol menutupi rimpang induk. Jika rimpang dibelah terlihat warnanya putih pucat, besarat halus, dan rasanya pahit. Jika telah keluar bunga, menandakan rimpang siap di panen. Umbi muda bisa dijadikan lalap. Perbanyakan dengan rimpang.

Sifat dan khasiat
Rimpang rasanya pahit, sifatnya sejuk. Berkhasiat antiradang, peluruh kentut (karminatif), dan mempercepat penyembuhan luka.

Kandungan Kimia
Rimpang mengandung minyak asiri berwarna kuning muda, agak berbau, mengandung borneol, sineol, metal khavikol, dan saponin.

Bagian yang Digunakan
Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah rimpangnya.

Indikasi
Rimpang digunakan untuk mengatasi :

  • Gangguan pencernaan, sakit perut, perut mulas, dan
  • Bengkak karena memar, keselo.
Cara Pamakaian
Untuk pemakaian luar, gunakan parutan rimpang untuk menurap bagian tubuh yang memar, keseleo, dan bisul yang sulit pecah. Setelah digiling halus menjadi serbuk, rimpang induk yang telah dikeringkan bisa digunakan sebagai bedak.

Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian
-

Contoh Pemakaian
  • Bengkak, memar, bisul
    Cuci bersih rimpang induk kunci pepet yang segar, lalu tumbuk sampai halus. Jika menggunakan rimpang kering, tambahkan sedikit air. Tempelkan hasilnya pada bagian tubuh yang memar atau bengkak, lalu balut.
  • Mengeluarkan angin dari perut
    Seduh serbuk kunci pepet sebanyak satu sendok the dengan secangkir air panas, lalu tutup. Setelah dingin, minum beningannya.

2 komentar
  1. Claudia Lawrence 4 Februari 2010 22.09  

    Hi, ur blog is really nice and informative, i truly like it. I just wanna suggest that u should go for blog advertising & marketing there is a website which is offering very unique features at affordable prices. There are Expert advertising teams who will promote ur blog & affiliate ads through all over the networks. All u have to do is submit your blog plus pay affordable prices and rest leave it to Advertising Team for Promotion & Marketing then see how u enjoy a lots of quality traffic plus more readers to ur blog. Finally I have bookmarked ur blog & also shared with my friends hope u have a wonderful day & !!happy blogging!!.

  2. bramasta_09 19 Maret 2012 08.38  

    PERUSAHAAN WINDRA MEKAR
    SIUP NO: 510/DP/K.1/782/XI/2008

    Penanggung jawab : Dr. Ir. Hj. Dwiyati Pujimulyani, MP
    Staf Pengajar : Fak. Agroindustri, Universitas Mercu Buana, Yogyakarta
    Alamat Perusahaan : Jl. Wates Km 9,5, Plawonan Rt. 04,
    Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta
    55753, Telp. 081227354545

    Memproduksi Kapsul Kunir Putih (Curcuma mangga Val.)
    ALAMI DAN AMAN DIKONSUMSI

    Berkhasiat:
    1. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
    2. MENCEGAH DAN MENGOBATI KANKER (kista atau tumor)
    3. MENCEGAH DAN MENGOBATI PERADANGAN (maag, ambeien, bronkhitis, amandel, keputihan, nyeri haid, jerawat, diabetes dan asma)
    4. MENCEGAH DAN MENGOBATI PENYAKIT YANG BERHUBUNGAN DENGAN LEMAK (darah tinggi, stroke, jantung, asam urat, penurun kolesterol)

    MENGAPA MURAH?
    VISI berdirinya perusahaan ”WINDRA MEKAR”:
    1. Belajar tentang kunir putih (Curcuma mangga Val)
    2. Bermanfaat bagi masyarakat

    CONTOH BUKTI KHASIAT DARI PENGGUNA:
    1. Dwi Sunu Prapto, Bantul: kolesterol turun dari 311 menjadi 207; asam urat turun dari 9,7 menjadi 7,85
    2. Ibu Pario, Jombor, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta: sakit gula, kaki luka lama sudah mau diamputasi, bisa sembuh dan normal kembali
    3. Bapak Surip, Krapyak, Wedomartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta: sakit prostat mau di operasi takut biaya, kencing sudah di selang sekarang sembuh
    4. Ibu Waridah, Botokan, Argosari, Sedayu, Bantul
    Gejala stroke (tangan sulit digerakkan) menjadi bisa gerak

    Mencegah dan mengobati (Anonim, 1999):
    1. Kanker: leher rahim, payudara, hati, otak, paru-paru, leukimia dan penyakit lain yang berhubungan dengan kanker, kista dan tumor
    2. Peradangan: maag, ambeien, tenggorokan, radang hati, bronkhitis, amandel, nyeri haid, keputihan, jerawat atau bisul, diabetes dan asma
    3. Penyakit yang berhubungan dengan lemak: darah tinggi, stroke, jantung, asam urat dan menurut Dwiyati dan Agung (2004) kunir putih bermanfaat sebagai penurun kolesterol

    Kunir Putih mempunyai:
    a. Aktivitas antioksidan (Dwiyati dan Agung, 2004), mampu mencegah kerusakan gen
    b. Zat kurkumin: guna anti peradangan
    c. Ribosome Inacting Protein (Anonim, 1999) bermanfaat untuk:
    1. Menonaktifkan perkembangan sel kanker (kista atau tumor)
    2. Merontokkan sel kanker (kista atau tumor) tanpa merusak jaringan sekitarnya
    3. Memblokir pertumbuhan sel kanker (kista atau tumor)

    Kunjungi blog kami di www.fadli-kunyitputih.blogspot.com

    MELAYANI KIRIMAN LUAR PULAU
    081227354545